Sebagai pengguna komputer di tahun 1990-an pastinya mendownload ataupun menginstall game bukanlah hal yang mudah. Apalagi sangat jarang menemukan game-game komputer yang bisa di download karena internet masih belum semaju sekarang. Karena itulah bagi orang-orang yang sangat suka bermain game, biasanya akan menghabiskan waktunya untuk memainkan dan menamatkan game-game bawaan komputer seperti Chips Challenge yang merupakan bawaan Windows 98. Pada artikel ini akan membahas game jadul Chips Challenge. Jika anda pernah memainkannya, dijamin ketika anda membaca artikel ini hingga selesai, anda akan bernostalgia dan rasanya ingin memainkan Chips Challenge lagi seperti dahulu. Bagi yang belum mengetahui, Chips Challenge adalah game yang dikembangkan oleh Chuck Sommerville. Dulu game ini sempat hadir di sebuah game konsol bernama Atari Lynx. Bahkan game yang bergenre tile based puzzle ini dahulu sangat populer sehingga pernah mendapatkan port ke berbagai game konsol komputer seperti MS-DOS, Commodore, Amstrad CPC, ZX Spectrum dan juga Microsoft Windows.

Dalam Chips Challenge, anda akan bermain sebagai ahli komputer yang memiliki nama Chip McCallahan atau yang lebih sering dipanggil Chip. Anda harus melewati labirin-labirin yang ada di sebuah laboratorium yang ada di Mental Marvel Clubhouse sehingga anda dapat bergabung bersama para jenius lainnya. Storyline Chips Challenge tidak begitu tergambarkan dalam permainannya karena lebih banyak diungkapkan dalam bentuk teks berbahasa inggris yang pastinya pada saat ini tidak banyak masyarakat Indonesia yang memiliki kemampuan bahasa inggris yang baik. Hal tersebut membuat banyak gamer terutama gamer anak-anak di masanya tidak begitu paham dengan alur cerita Chip Challenge dan hanya memainkan game-game nya dan melewati teks-teks ceritanya.

Petualangan Chip Challenge sangatlah menarik, apalagi secara visual terlihat mirip dengan perspektif dengan game lainnya, yaitu Sokoban. Dalam setiap level, anda harus mengumpulkan chip-processor yang nantinya akan membentuk kunci yang bisa anda gunakan untuk membuka pintu keluar untuk menuju level selanjutnya. Chip-processor tadi tidak dengan mudah didapatkan, karena anda harus melewati berbagai rintangan mulai dari jebakan-jebakan, monster dan juga lubang kunci berwarna-warni yang harus dibuka dengan kunci warna yang sama. Anda harus bermain dengan pintar dan efektif jika anda tidak ingin kelelahan di tengah-tengah permainan.

Kontrol game ini terbilang mudah sehingga anda tidak perlu mengingat berbagai jurus rahasia. Anda hanya perlu menekan tombol panah yang terletak di keyboard anda untuk menggerakkan Chip. Jika keyboard anda rusak, anda bisa menggunakan mouse untuk memposisikan Chip di tempat yang anda inginkan. Selain itu anda dapat menyimpan hasil permainan anda yang telah dipasangi sistem password. Jadi anda tidak perlu khawatir progres permainan anda karena anda bisa menyimpannya dan tidak akan diganti-ganti atau ditumpuk dengan progres game lainnya. Begitu banyak level yang bisa anda selesaikan, tepatnya ada 149 level yang menunggu untuk ditamatkan.

Beberapa tahun kemudian, mungkin kira-kira 10 tahun setelah Chips Challenge rilis di komputer, internet sudah berkembang dan anda pun dapat memainkan game online. Ada banyak sekali jenis-jenis game online yang tersedia, salah satunya adalah game-game online yang bisa anda mainkan di situs judi bola terpercaya. Game-game yang ada di situs tersebut juga merupakan game bergenre puzzle seperti Chips Challenge. Jika anda suka Chips Challenge, bisa dipastikan anda juga suka game yang ada di situs tersebut.